Info Surabaya : Pasar Masih Buka, Tapi Pembeli dan Penjual Wajb Patuhi Ini

0
766
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona

Surabaya – 

Mengantisipasi penyebaran wabah virus corona, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengeluarkan surat edaran untuk pusat perbelanjaan, baik tradisional maupun modern. Seluruh tempat perbelanjaan di Surabaya diminta untuk membuat protap.

Surat edaran itu berisikan imbauan kepada seluruh pasar, pertokoan, pusat perbelanjaan dan toko modern untuk menerapkan standar maksimum kesehatan. Serta upaya pencegahan penyebaran virus corona sesuai dengan protokol pasar dan kawasan perdagangan.

“Itu diminta dibuatkan protap, itu tindak lanjut tanggal 15 Maret waktu hari Senin (16/3) Bu Wali kumpulkan stake holder,” kata Kepala Diskominfo M. Fikser kepada detikcom, (22/3/2020).

Surat edaran itu ditujukan kepada masing-masing pusat perbelanjaan. Seperti PD Pasar diimbau untuk membuat protap. Nantinya, protap itu akan disebarkan kepada kepala pasar yang ada di Surabaya.”Jadi pasar tradisional tidak ditutup. Pasar tetap buka, hanya sekarang ada protapnya,” jelasnya.

Protap untuk pasar atau kawasan pedagang kaki lima, operator, agen pengelola, kontraktor dan stafnya harus diingatkan. Ada enam poin yang harus dilakukan.

1. Lakukan pemeriksaan suhu tubuh setidaknya dua kali sehari.

2.Jika dalam keadaan tidak sehat sebaiknya segera memeriksakan diri ke fasyankes.

3.Gunakan masker jika mengalami batuk atau pilek.

4.terapkan etika batuk atau bersin tutup mulut menggunakan lengan atas bagian dalam atau tisu saat batuk atau bersin dan segera buang tisu yang kotor ke tempat sampah lalu cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air.

5.Gunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan pembersihan dan saat menangani limbah.

6.Hindari menyentuh area wajah yang tidak perlu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here